Sabtu, 28 April 2012

tabel pada microsoft word



BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Microsoft word adalah program yang sangat popular di Indonesia saatini, dan telah menjadi standar bagi kantor-kantor modern. Hal ini karena kemudian dalam mengoperasikan, dan banyaknya fasilitas. Mulai dari pembuatan naskah sederhana sampai yang  rumit dapat di tangani dengan mudah oleh word.
Makalah ini di tujukan untuk melengkapi salah satu tugas dan persyaratan pada mata kuliah Keterampilan Kompoter  2b Universitas Gunadarma agar mahasiswa dapat menguasai pembuatan table pada Ms. Word dengan mudah dan cepat.
B. PEMBATASAN MASALAH.
Untuk memperjelas ruang lingkup pembahasan, maka masalah yang dibahas dibatasi pada pemanfaatan fasilitas table pada word antara lain :
·        Membuat table standar
·        Menyisipkan tabel
·        Mengetikkan teks dalam sel
·        Mengatur dan menentukan lebar kolom
·        Menyisipkan kolom/ baris
·        Menghapus kolom/ baris
·        Menambah border atau bayangan
·        Menggabungkan sel-sel
·        Membagi sel menjadi beberapa bagian
C. PERUMUSAN MASALAH.
Berdasarkan latar belakang dan pembatasan masalah tersebut, masalah-masalah yang dibahas dapat dirumuskan sebagai berikut :
1.     Bagaimana cara memanfaatkan fasilitas table dalam Ms Word?
2.     Bagaimana cara pengurutan dan pembuatan duplikat data ?

BAB II
PEMBAHASAN

PEMBUATAN  TABEL PADA MICROSOFT WORD

·        Pemanfaatan Fasilitas Tabel pada Microsoft Word
Suatu data dalam  dokumen dapat  dikelompokkan dan diorganisir dalam suatu tabel. Tabel di perlukan untuk memperlengkap informasi. Pengertian tabel sendiri adalah suatu format tampilan yang terdiri dari kolom dan baris. Pertemuan antara kolom dan baris tersebut dinamakan dengan sel. Anda dapat membuat tabel yang seragam dengan sel-sel berukuran standar, mengambar sebuah tabel sendiri dengan beragam ukuran sel, atau sebuah tabel dari teks yang sudah ada. Setelah membuat tabel, Anda bisa memasukkan teks, angka, dan gambar-gambar kedalam sel-sel tersebut. Membuat tabel dalam Ms. Word sangat mudah, karena Word telah menyediakan fasilitas ini melalui menu Tabel. Dari menu tabel tersebut, Anda dapat membuat tabel, menghapus tabel, mengurutkan data, menyisipkan kolom, menyisipkan baris, mengatur lebar kolom, mengatur tinggi baris, menggabungkan sel, mengubah kolom, dan perintah-perintah yang lainnya.


a.     Membuat tabel standar

Untuk menampilkan sebuah data, baik dalam bentuk huruf maupun angka, kita dapat menyajikannya dalam bentuk tabel. Dengan Ms. Word, kita bisa lebih mudah menghias tabel yang kita buat tanpa harus lama mengaturnya karena beberapa design sudah disediakan.
Cara membuatnya sebagai berikut:
1. Buka dulu program microsoft word pada komputer kamu.
2. Kemudian klik Menu Table – insert – Table . . . seperti di gambar di bawah ini :





3. setelah kamu klik tabel, nanti akan muncul jendela seperti di bawah ini :
Description: Cara membuat tabel
Number of column adalah untuk menentukan jumlah kolom, sedangkan untuk number of row adalah untuk menentukan jumlah baris, masukkan angka sesuai dengan kebutuhanmu.
contoh di atas adalah dengan jumlah sebanyak 5 kolom dan 10 baris, setelah memaskkan angkanya. klik OK. maka tabel akan muncul seperti dibawah ini :
Description: Cara membuat tabel




b.    Menyisipkan Tabel
Pada Microsoft Office Word 2007, anda bisa menyisipkan tabel dengan mudah dari template yang disediakan Word lengkap dengan contoh data, atau dengan memilih jumlah kolom dan baris yang anda inginkan untuk tabel, atau anda bisa menyisipkan tabel dari Microsoft Office Excel.

Menggunakan Table Template
1.     Klik di mana anda ingin menyisipkan tabel.
2.     Pada tab Insert, di group Tables, klik Table.
3.     Arahkan kursor pada Quick Tables, kemudian klik template yang anda inginkan.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhiALwYMMmbskPCefgEm39GcTir6-ywT6DDXO13EHB03B0oyBSQWbWr02Lega23Q4KGOaD3NA6tNyspYA_nDDYMOfYiJw7tD0FE_cM9rYYHByUZqC8tTMHZhJRVEaW_Pi848lPgSjPMWLcW/s1600/tables.png
4.     Ganti data yang pada template dengan data yang anda inginkan.


c.      Mengetikkan teks dalam sel sebagai berikut :
1. letakkkan posisi kursor dalam salah satu sel di tabel
2. kemudian,ketik tulisan atau teks yang diingkan didalam sel
dftgrdg.jpg
d. Mengatur dan menentukan lebar kolom
Lebar kolom mungkin terlalu lebar di bandingkan isinya cara yang paling cepat untuk mengatur lebar kolom dengan menggeser garis secara langsung dengan mouse atau menggeser posisi pembatas yang terdapat pada ruler .
1. Buatlah tabel, lalu letakkkan posisi kursor dalam salah satu sel di tabel.
   

2. Lalu arahkan kursor pada salah satu batas kolom pada satuan ruler (Move Table Column).

3. Setelah itu saat Anda meletakkan kursor pada move table column, lalu KLIK TAHAN serta KLIK KANAN pada mouse. Sehingga Anda melakukan Drag dengan menekan kedua tombol mouse sekaligus.


4. Perhatikan bahwa dengan ditekannya kedua tombol mouse tersebut, maka pada Ruler akan menampilkan ukuran yang detail dan selalu berubah mengikuti arah Drag yang Anda lakukan. Pada saat itu Anda dapat mengatur lebar ukuran kolom sesuai keinginnan Anda.
e.       Menyisipkan Kolom atau Baris
Cara Mudah Menyisipkan (Insert) Baris di Tabel Microsoft Word. Untuk menyisipkan baris pada tabel di Microsoft Word anda dapat menggunakan langkah berikut.
1.                 Klik kanan cell dimana baris akan ditambahkan atau disisipkan.
2.                 Pada popup menu yang muncul, pilih item insert

3.                 Anda akan dimunculkan sebuah sub menu.
o        Gambar: Cara menyisipkan/insert baris pada tabel di microsoft wordKlik Insert Rows Above untuk menyisipkan baris di atas cell tempat anda melakukan klik kanan tadi, atau
o        Klik Insert Rows Below untuk menyisipkan baris di bawah tempat anda melakukan klik kanan.
4.                 Baris akan langsung di sisipkan sesuai dengan keinginan anda. Anda selanjutnya tinggal merapihkan kembali tabel karena adanya baris yang baru disisipkan tersebut.


F.  menghapus kolom atau baris
Cara menghapus kolom atau baris di tabel pada ms word dapat dilakukan dengan cara-cara seperti dibawah ini.

Cara pertama.
2.     Blok atau seleksi kolom atau baris yang akan dihapus
3.     Klik kanan pada kolom atau sel tersebut kemudian pilih delete Columns atau delete Rows
4.     Maka kolom atau baris akan langsung terhapus.
Perhatikan ketika anda blok atau menyeleksi baris, seleksi sampai akhir baris bahkan sampai diluar tabel. jika seleksi baris hanya sampai pada sel terakhir dari baris tersebut, maka ketika di klik kanan, maka tidak akan muncul perintah delete rows. Perhatikan gambar dibawah.

Cara kedua
1.     Klik pada sel dimana baris atau kolom yang akan dihapus
2.     Klik kanan pada sel tersebut diatas, kemudian pilih delete cells
3.     Pada Popup yang muncul pilih :
o    Delete entire row untuk menghapus baris
o    Delete entire column untuk menghapus kolom


4.     Klik OK
Maka baris atau kolom pada sel yang dipilih tadi akan terhapus
G. Menambah Border atau Bayangan
Page Border adalah fasilitas dari MS Word yang dapat Anda gunakan sebagai bingkai, hiasan pembatas dokumen Anda maupun yang lainnya. Contoh penggunaan Page Border dapat Anda ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
·         Pada Menu bar pilih dan klik Page Layout (nomor 1)
·         Pilih dan klik Page Border pada tab Page Background (nomor 2)
·         Pada kotak Border and Shading pilih Page Border (nomor 3)
·         Pada Setting pilih dan klik Box (nomor 4)`
·         Pada Width pilih 9 pt (nomor 6)
·         Pada Art pilih yang ditunjuk oleh (nomor 7)
·         Pada Preview klik semua tombol border (nomor
·         Pada Apply to pilih Whole document (nomor 9)
·         Klik OK (nomor 10)
·         Color pilih warna merah (nomor 5)
                                                                                              






 390580_345262132153805_100000100622809_1575901_1339934297_n.jpg

H. Menggabungkansel-sel (Marge Cells)
menu merge cells (ataumenggabungkan sel-sel) bias digunakan jika kamu ingin membuat tabel yang berbentuk seperti ini
Contoh tabel di atas adalah menggunakan merge cells, yaitu menggabungkan kolom atau baris menjadi satu,


Caranya adalah :
 1. siapkan table kerja kamu

2.blok pada kolom atau baris yang ingin kamu gabungkan,  (cara mengeblok adalah dengan klik dan tahan mouse pointer pada salah satu kolom atau baris kemudian geser mouse pointer kearah kolom lain ) misalnya seperti gambar di bawah ini



3. Kemudian setelah diblok, klik menu Table, Merge Cells
4. Maka hasilnya adalahseperti ini
langkah di atas adalah untuk menggabungkan dua baris menjadi satu, untuk menggabungkan kolom pun juga sama, kita tinggal mengeblog kolomnya dan kemudian pilih menu merge cells seperti contoh diatas.Namun pada Ms. Word 2010 cara untuk menggabungkan seltelah di rangakai menjadi lebih praktis lagi, yaitu dengan cara sebagai berikut :
1. siapkan table kerja kamu
2.blok pada kolom atau baris yang ingin kamu gabungkan, (cara mengeblok adalah dengan klik dan tahan mouse pointer pada salah satu kolom atau baris kemudian geser mouse pointer kearah kolom lain )
3. klik kanan pada mose, lalu pilih dan klik marge cells
I. Membagi sel menjadi beberapa bagian
Memisahkan Tabel
Dengan Microsoft Word, membelah satu tabel menjadi dua tabelmudah. Untuk memisahkan tabel yang baru saja dibuat menjadi duatabel:
1.  klik mouse pada sel yang akan dibagi
2. kemudian aktifkan menu: Table – Split Cell. Atau dapat juga klik ikon Split Cell pada toolbar Table.

image006.gif







image004.png







BAB III
PENUTUP

A. SIMPULAN
Berdasarkan uraian bahasan  “Pemanfaatan Fasilitas Tabel Pada Word” dapat disimpulkan  bahwa :
1. Tabel sangat berfungsi dalam pembuatan data pada document
2. pembuatan table sangat mudah.
3. Pengelolaan table harus dilaksanakan sesuai dengan tujuan, cara, dan fungsinya
4. dari menu tabel kita dapat membuat membuat tabel, menghapus tabel, mengurutkan data, menyisipkan kolom, menyisipkan baris, mengatur lebar kolom, mengatur tinggi baris, menggabungkan sel, mengubah kolom, dan perintah-perintah yang lainnya.

B. SARAN

Suatu pemanfaatan haruslah disikapi dengan pengetahuan, begitu pula dengan pemanfaatan fasilitas table pada Ms. Word yang dapat membantu dan memudahkan kita dalam mengoprasikan sebuah data atau dokumen.

















DAFTAR PUSTAKA

·        Ananda Shenia & Rouf  Irwan.2010.Buku Pintar Menguasai Microsoft Office.Jakarta: mediakita


Tidak ada komentar:

Posting Komentar